BERITA

Sosialisasi Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumbawa

Senin, 03 Februari 2020   Admin LH   133  

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sumbawa pada Jum’at (31/01/2020) mengadakan Sosilisasi Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru, kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Sumbawa antara lain SMAN 1 Sumbawa, SMAN 2 Sumbawa, SMAN 4 Sumbawa, SMKN 1 Sumbawa, SMKN 2 Sumbawa, selain dari sekolah turut hadir Wakil Ketua Kuartir Cabang, Rudianto dan Dewan Kerja Cabang Fendi.

Kegiatan sosialisasi di buka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Abdul Haris, S.Sos, Kadis Lingkungan Hidup menyampaikan bahwa kata Kalpataru berasal dari bahasa sankskerta yang mempunyai arti pohon kehidupan dan sekarang kalpataru penghargaan yang diberikan kepada orang atau kelompok yang memiliki sumbangsih terhadap kelestarian lingkungan serta merespon positif adanya kegiatan Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan berharap generasi muda yang ada di Kabupaten Sumbawa untuk peduli terhadap lingkungan.

Setelah kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan tentang Satuan Karya Pramuka salah satunya adalah Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru yang dijelaskan oleh Wakil Ketua Kwartir Cabang, Rusdianto.

Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan rencana kegiatan dan Program Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru yang disampaikan oleh M. Jumhur Miladinnur, SH salah satu Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa, program 6 bulan pertama kegiatan meliputi pelantikan peserta, pembagian krida antara lain 3R (Recycle, Reduse dan Reuse), perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati.

Recruitment kegiatan Satuan Karya Pramuka (SAKA) Kalpataru direncanakan akan dilaksanakan pada awal Februari dengan anggota pelajar SMA dan Perguruan Tinggi (usia Penegak dan Pandega), diharapakan dengan adanya kegiatan tersebut, generasi muda peduli terhadap lingkungan.

  • Share on :

  • Berita Lainnya
  • Pembinaan dan Pengawasan (Bimwas) Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup

    Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan (Bimwas) pada hari Senin (23/03/2020) dilaksanakan di PT. Sumbawa Apsara Beton

    Pembersihan Sampah di Jalan Garuda Oleh Tim UPT. Persampahan

    UPT. Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa pada Rabu (18/03/2020) melakukan kegiatan permbersihan pemotongan pohon untuk pelebaran jalan di sepanjangan jalan garuda.

    Tinjauan Lokasi Penambangan Pasir Ilegal di Kecamatan Lunyuk

    Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa pada hari senin (16/03/2020) bersama dengan Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Wilayah Pulau Sumbawa, Camat Lunyuk, Polsek Lunyuk melakukan tinjauan lapangan terkait adanya Penambangan Pasir Ilegal di wilayah pesisir pantai Lunyuk.